LAPORAN MINGGUAN

PUSAT TEKNOLOGI LINGKUNGAN

Minggu pertama Bulan Januari 2018

 

Bersama ini disampaikan laporan mingguan Pusat Teknologi Lingkungan periode minggu pertama bulan Januari 2018 (2 s.d 5 Januari 2017) sebagai berikut :

 

A.  KEGIATAN

  1. Perkembangan Pembangunan PLT Sampah TA 2018

Terkait pembanguan PLT Sampah TA 2018, dapat disampaikan perkembangan sebagai berikut:

  1. Pada tanggal 28 desember 2017 (Kamis), telah diadakan rapat koordinasi di Gedung BPPT Thamrin terkait rencana acara peletakan batu pertama (ground-breaking) pembangunan PLT Sampah. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh perwakilan dari Biro Tata Pemerintahan dan Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta serta dari Biro Umum, Biro HKH-BPPT. Rapat dipimpin langsung oleh Direktur PTL-BPPT.  Beberapa hal hasil rapat tersebut dapat disampaikan sbb:

  1. Pada tanggal 29 Desember 2017 (Jumat), telah dilakukan Diskusi Teknis antar Unit Kerja dan Satker BPPT terkait Pembangunan PLT Sampah. Diskusi dipimpin oleh Direktur PTL, yang menghadirkan perwakilan dari PTIP, B2TKE, BTB2RD, dan PTSEIK. Dalam kesempatan ini Direktur PTL menyampaikan status dan perkembangan kegiatan pembangunan PLT Sampah. Paparan teknis terkait proses dan teknologi disampaikan oleh Kepala Program, Dr. Widiatmini Sih Winanti, MSc. Selanjutnya, masing-masing perwakilan UK dan Satker memberikan masukan konstruktif sesuai kompetensi nya dan siap memberikan dukungan nya baik berupa SDM dan fasilitas lab untuk keberhasilan pembangunan PLT Sampah ini.  Beberapa masukan yang dijadikan bahan diskusi antara lain:

  1. Pada tanggal 4 Januari 2018, telah dilakukan rapat dengan Unit Layanan Pengadaan (ULP)-BPPT, di mana:

  1. Rencana Peresmian Unit Arsinum di Jombang, Jawa Timur.

Peresmian unit arsinum di Pondok Pesantren Darul Umum Jombang direncanakan tanggal 18 Januari 2017.  Beberapa progress kegiatan yang dilakukan untuk mempersiapkan acara peresmian tersebut antara lain:

  1. Senin, 8 Januari 2018 Unit arsinum akan dikirim ke Jombang melalui perjalanan darat. Diperkirakan unit akan tiba di lokasi pada tanggl 10/11 Januari 2018.

  2. Tim instalasi unit arsinum akan Dinas pada 12-18 Januari 2018 dengan rincian kerjaan sebagai berikut :

  • Telah dilakukan koordinasi teknis via telpon tentang rencana lokasi penempatan unit. Ada 4 kandidat lokasi yang letaknya masih dalam 1 areal pondok. Pada lokasi penempatan tersedia sumber air baku dari sumur dan tower air, sehingga sumber air tidak menjadi kendala.

  • Hasil koordinasi teknis menyimpulkan bahwa lokasi secara teknis (tersedia bangunan pelindung, suplay listrik, jaminan keamanan) memenuhi syarat.

  • Pihak penerima unit (pondok) juga sangat kooperatif dalam membantu pemenuhan berkas administrasi (berkas serah terima barang, pengelolaan unit dll.)

  • Selama dinas, selain melaksanakan kegiatan instalasi (13-15 Januari), juga melakukan training kepada operator (15-16 Januari) dan persiapan peresmian (17-18 Januari).

  1. Pekerjaan yang belum dilakukan adalah koordinasi dengan tim Humas BPPT terkait dengan rencana peresmian unit arsinum oleh Ka BPPT.

  1. Rencana Pemindahan Arsinum di Raja Ampat

Telah diagendakan untuk memindahkan unit arsinum dari pelabuhan raja ampat ke lokasi resort di Wagiyo. Unit arsinum di lokasi baru ini akan diresmikan oleh Ka BPPT pada 14-18 Feberuari 2018.

Beberapa progress kegiatan yang dilakukan untuk mempersiapkan acara peresmian tersebut antara lain:

  1. Pada beberapa waktu lalu, telah dilakukan inventarisasi oleh pak Wahyu W tentang kondisi unit arsinum di pelabuhan raja ampat.  Hasil inventarisasi unit tersebut antara lain : perlu dilakukan penggantian pompa sumber air laut, kabel2 listrik, media kimia dan part lain.

  2. Rencana selanjutnya adalah akan menugaskan 1 orang ke lokasi rencana penempatan lokasi untuk :

  • Melakukan penilaian dan penentuan lokasi

  • Survey part arsinum yang mungkin bisa dibeli di lokasi

  • Melengkapi dan koordinasi administrasi (surat serah terima barang, dll)

  1. SPPD selanjutnya adalah menugaskan 2 orang pada 10-18 Februari 2018 untuk melaksanakan kegiatan instalasi, tranning operator dan persiapan peresmian.