LAPORAN MINGGUAN

PUSAT TEKNOLOGI LINGKUNGAN

Minggu Ketiga Bulan April 2018

 

Bersama ini disampaikan laporan mingguan Pusat Teknologi Lingkungan periode minggu ketiga bulan April 2018 (16 April s/d 20 April 2018) sebagai berikut :

 

I HAL BARU/PENTING :

Penjajakan Kerjasama Penelitian Pengelolaan Limbah Plastik

 

Pada Hari Senin, tanggal 16 April 2018, telah dilakukan pembahasan rencana kerjasama penelitian PTL dan pemerintah Hiroshima Jepang tentang pemanfaatan sampah plastik residu (plastik yang tidak dimanfaatkan karena tidak mempunyaa nilai jual, seperti plastik bungkus makanan/minuman, plastik multi layer dengan aluminium pada kemasan makanan dan minuman, dll.) Plastik ini akan diolah dan diproses menjadi bahan CPF (cubic plastic fuel).

 

Dalam acara tersebut, Bapak Kepala dan Direktur PTL secara bergantian menjelaskan tentang urgensi pembangunan PLTSa, proses kinerja PLTSa, antipasi dampak lingkungan yang ditimbulkan dari kegiatan PLTSa dan harapan ke depan bahwa pilot project PLTSa ini dapat di up-grade dan dapat menjadi contoh bagi pemkot dan pemda dalam kegiatan pengelolaan sampah secara masif dan ramah lingkungan.

 

suasana rapat pembahasan rencana kerjasama penelitian CPF (cubic plastic fuel).

 

Masih pada topik yang sama yakni pengelolaan sampah plastik, pada hari Rabu tanggal 18 April 2018, Kabag PAPL Dr. Muhammad Hanif, M.Eng mewakili Direktur PTL, menghadiri rapat penjajakan kerjasama dengan Plastic-Energy Co. dan Tropical Landscape Finance Facilities (TLFF) di Gedung BPPT Thamrin. Rapat dipimpin oleh Ka. BTB2RD BPPT dan dihadiri staf peneliti/perekayasa.

 

Beberapa hal dapat di sampaikan terkait hasil pertemuan tersebut :

  1. TLFF sebuah organisasi pendanaan bekerjasama dgn Plastic-Energy Co. (PE) untuk project waste to fuel di Indonesia.

  2. PE telah mengembangkan dan memiliki commercial plant teknologi konversi non-value plastic to fuel di Eropa

  3. PE sdg menjajaki kerjasama dgn pemda-pemda di Indonesia untuk pengelolaan sampah dgn kombinasi teknologi mulai dari sorting, composting, anaerobic digestion and thermal process, khusus nya teknologi non-value plastic waste to fuel.

  4. Mekanisme kerjasama dapat diarahkan untuk penyusunan FS melibatkan Pemda dan BPPT, yang dapat terdiri dari intensive study on plastic supply, Pilot Plant study, dll

  5. Di rencanakan pada hari Senin, 23 April 2018 akan di lakukan pertemuan PE, TLFF dgn Dir dan para perekayasa serta tim PLTSa.

suasana rapat rapat penjajakan kerjasama dengan Plastic-Energy Co. dan Tropical Landscape Finance Facilities (TLFF)

 

II Status Penyerapan Anggaran (oleh PPK TPSA, PPK BBTMC, PPK TEKSURLA)

 

  KEGIATAN OUTPUT STATUS REALISASI FISIK MITRA TINDAK LANJUT
  TPSA          
  BBTMC          
  BTSK          

III.    Status Potensi Kerjasama BLU/PNBP

  KEGIATAN OUTPUT STATUS REALISASI FISIK MITRA TINDAK LANJUT
  Insinas 2018* Publikasi Nasional Lolos seleksi proposal 0 RistekDikti Menunggu penandatangan kontrak
  Sinar Mas ** Prototipe FBR Sedang disusun PKS 0 Sinar Mas land Pembicaraan teknis mengenai pelaksanaan pekerjaan

IV.    Kegiatan lain :

  1. Kegiatan Kajian Pemanfaatan Kolam Tambang PT Arutmin Indonesia

Kegiatan ini merupakan kegiatan Kajian Pemanfaatan Kolam Tambang Antasena, di Satui, Kecamatan Kintab, PT Arutmin Indonesia, Kalimantan Selatan. Hingga saat ini status kegiatan ini masih dalam penyelesaian Draft Final Report dan sudah melakukan presentasi drfat final.

 

Foto Kegiatan survei dan pengumpulan data untuk penyusunan laporan kegiatan

  1. Kegiatan Penyusunan Program orientasi CPNS ke-2

Setelah merampungkan tugas orientasi CPNS yg pertama yakni penyusunan desain arsinum skala perkantoran, maka para CPNS diarahkan untuk melaksanakan tugas lanjutan yakni meng-upgrade sistem online monitoring type OSS dibawah bimbingan Heru DW, M.Kom.

 

Pada tugas ke-2, yakni upgrade sistem OSS ini merupakan kegiatan pengembangan sistem monitoring yang sudah ada untuk pemantauan kualitas lingkungan di areal pabrik. Program up grade ini direncanakan  berlangsung selama 4-5 Minggu karena lingkup pengembangan relatif sederhana dan peralatannya sebagian sudah tersedia.

 

Semua staf CPNS akan bekerja secara tim, bagi yang sesuai kompetensi akan menjadi pionir dan yang lain menjadi supporting. Sama seperti pada tugas pertama, setiap pekan para CPNS akan bergiliran melaporkan progress kegiatannya di Wag.Tunas Muda PTL.

 

Selain melaksanakan tugas utama dalam program orientasi tersebut, para CPNS juga akan dilibatkan dalam pengelolaan web site PTL dan kegiatan ke-PTL-an lainnya seperti dalam kepanitiaan Raker PTL, dll.

 

Rapat penyusunan program kegiatan orientasi CPNS

 

  1. Agenda PTL pada pekan depan

No. Waktu Agenda Tempat
1. Senin, 23 April Rapat dengan Plastic Energy Co BPPT Thamrin
2. Selasa, 24 April Rapat dengan Toyobo Jepang dan Pengelola Ancol tentang penerapan teknologi desalinasi RO tenaga surya Ancol
3. Selasa, 24 April Rapat verifikasi teknologi ramah lingkungan KLHK
4. Rabu-Kamis, 25-25 April Raker PTL Geostek