SAMBUTAN

DIREKTUR PUSAT TEKNOLOGI LINGKUNGAN

 

Menyongsong tahun 2016 dan tantangan permasalahan lingkungan global

 

Tahun 2016 sebagai gerbang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang juga merupakan akses bagi kompetisi global merupakan awal baru bagi PTL dalam melakukan inovasi kerekayasaan untuk menjawab tantangan zaman. PTL secara organisasi maupun individu/ sumber daya manusianya akan senantiasa berupaya melahirkan inovasi-inovasi kerekaysaan di bidang lingkungan. PTL optimis bahwa inovasi anak bangsa dapat memberikan sumbangsih nyata bagi pembangunan dan pemeliharaan lingkungan di Indonesia.

 

Sebagai sebuah lembaran baru dalam era reformasi birokrasi, perubahan kualitas dan kinerja PTL ke arah yang lebih baik diharapkan dapat segera terwujud melalui akselerasi inovasi teknologi lingkungan yang didukung oleh semangat perubahan segenap sumber daya manusianya.

 

Mewujudkan perubahan kinerja PTL membutuhkan langkah-langkah strategis oleh segenap jajarannya. Kebijakan yang dicanangkan oleh PTL dalam mewujudkan perubahan kualitas dan kinerja lembaga adalah refocusing kegiatan inovasi kerekayasaan melalui dukungan sumberdaya manusia dan perencanaan yang efektif. Kebijakan tersebut diuraikan menjadi beberapa hal penting sebagai berikut :

  1. Perbaikan rencana kegiatan tahunan dengan menerapkan prinsip optimalisasi produk, mencakup efisiensi persiapan kegiatan di awal tahun dan manajemen control terhadap pendanaan dan kegiatan yang berjalan.

  2. Peningkatan sumberdaya manusia sesuai dengan arah dan haluan kerekayasaan lingkungan, dengan harapan mendorong terwujudnya inovasi kerekayasaan yang lebih optimal.

  3. Refocusing kegiatan inovasi kerekayasaan sesuai dengan rencana strategis yang telah disusun.

  4. Penguatan diseminasi dan aplikasi teknologi lingkungan bagi pembangunan bangsa melalui kerjasama riset, pengembangan maupun aplikasi teknologi dengan berbagai mitra.

Melalui sinergi antara perencanaan yang efektif, dukungan sumberdaya, refocusing kegiatan dan penguatan kerjasama diharapkan akan mampu menciptakan peningkatan kualitas inovasi kerekayasaan di bidang teknologi lingkungan. Pada tahun mendatang, menghadapi tuntutan zaman dan perkembangan teknologi yang semakin cepat, PTL akan terus meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia dan hasil inovasi kerekayasaan. Selain itu, PTL khususnya dan BPPT pada umumnya juga akan terus mendukung kebijakan pemerintah dalam menyelesaikan pembangunan melalui aplikasi teknologi karya anak bangsa.

 

 

Jakarta, Januari 2016

Direktur Pusat Teknologi Lingkungan

 

 

Dr. Rudi Nugroho, M.Eng